Industri Rumahan

Rembang  (9/08), Pattiro Semarang  mengadakan pertemuan pendampingan Industri Rumahan di Balai Desa Pasar Banggi. Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari Program pendampingan Industri Rumahan (IR) yang bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan PATTIRO. Hadir dalam acara tersebut Widi Nugroho (Direktur PATTIRO Semarang), Lukman (Tenaga Ahli Desa), Maftuh (Sekertaris Desa Pasar Banggi), Herman (Sekertaris Desa Tritunggal), Lililk (Pendamping Lokal Desa) dan perngkat desa lainnya.

Program pendampingan Industri Rumahan di Kabupaten Rembang menunjuk dua desa sebagai percontohan. Desa tersebut ialah Desa Pasar Banggi dan Desa Tritunggal. Program tersebut telah berjalan sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Widi Nugroho menyampaikan bahwa perlunya semua pihak untuk berpartisipasi aktif dan berkomitmen guna mendorong kemajuan Industri Rumahan. Anggaran Industri Rumahan yang sebelumnya ditanggung oleh kementrian sebagai piloting program, kini akan dilimpahkan ke pemda. Dengan begitu, Industri Rumahan bukan hanya milik pemerintah nasional tapi juga milik daerah.

Pattiro merasa perlu adanya pendampingan pada Industri Rumahan agar meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat miskin. Adanya partisipasi masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah desa dalam program pendampingan Industri Rumahan adalah wujud mendorong keberlangsungan Industri Rumahan di Kabupaten Rembang.

Bapak Lukman selaku Tenaga Ahli Perencanaan Desa Kabupaten Rembang sangat antusias dengan adanya program ini. “Saya senang dengan adanya upaya pendampingan Industri Rumahan ini, terlebih jika melibatkan kami dari Tenaga Ahli dan Pendamping Desa. Semoga ke depannya kita bisa bersinergi bersama”, tuturnya.

Selain Desa Pasar Banggi dan Desa Tritunggal, Dinsos PPKB membuat replikasi Desa Industri Rumahan di Desa Meteseh dan Desa Ringin. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, pemerintah desa dan pemerintah daerah berkomitmen memajukan Industri Rumahan di Kabupaten Rembang. [AK]