Laporan Studi Dasar Implementasi Kebijakan ARG di Kota Semarang

PATTIRO Semarang dan Bojonegoro Institute atas dukungan dari Transparency International Indonesia dan HIVOS telah melakukan penelitian waktu yang lalu. Dalam penelitian, kami menggali data terkait implementasi kebijakan Anggaran Responsif Gender (ARG). Potensi korupsi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) pada sektor pendidikan dan kesehatan juga termasuk dalam penelitian tersebut. Dua daerah penelitian kami adalah Kota Semarang dan Kabupaten Bojonegoro.

Situasi pengarusutamaan gender di Kota Semarang  yang berlangsung sejak tahun 2011 masih berada di tataran kemajuan kelembagaan dari PUG dengan dibentuknya DP3A untuk menggantikan BAPERMAS PerKB yang praktis baru aktif sejak tahun 2017. Arah dari perencanaan PUG di Kota Semarang  masih belum mengacu pada SDGs Tujuan 5. Tantangan utama yang terlihat adalah pemahaman tentang PUG masih terbatas tentang gender budget saja di kalangan OPD Penggerak dan OPD lainnya baik di Kota Semarang maupun di Kabupaten Bojonegoro belum bergerak kepada kesetaraannya atau equality. Perencanaan dan penganggarannya masih banyak yang belum sinkron satu sama lain.

Untuk selengkapnya, silahkan baca Laporan Studi Dasar Implementasi Kebijakan ARG dan Potensi Korupsi PBJ sektor Pendidikan dan Kesehatan di Bojonegoro dan Semarang

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *