Warga Bentuk Strategi Pembangunan Desa Wisata Gogik

Ungaran – Senin, malam Selasa (25 Juli 2018) dimulai pukul 20:30 segelintir orang tengah duduk melingkar di rumah Pak Imron, Kepala Dusun Gintungan Desa Gogik. Meski hanya 6 orang disuguhkan teh hangat dan gorengan tempe gambus, tahu, pisang goreng, mereka asyik merumuskan strategi pembangunan Desa Wisata Gogik.

Kumpulan sedikit orang ini adalah tim inti master plan Desa Wisata Gogik yang dibentuk 26 Maret lalu. Pasca 27 April lalu, setelah tim inti menggali potensi wisata Desa Gogik, maka bertemulah kembali tim inti ini untuk membentuk strategi pembangunan desa wisata berdasarkan potensi-potensi yang sudah dipetakan.

Dari potensi wisata yang ada, maka teridentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman atau sering disebut analisa SWOT pada setiap situs wisata. Berdasarkan analisa SWOT, maka tim inti mulai merumuskan strategi pembangunan di setiap situs wisata.

Terdapat 5 situs wisata yang akan dirumuskan strategi pembangunannya. Masing-masing situs minimal ada 4 strategi pembangunan. Strategi ini akan digunakan sebagai dasar penyusunan program dan/atau kegiatan guna mewujudkan pembangunan Desa Wisata Gogik.

Sebagai contoh, pada situs Curug Semirang, tim inti merancang strategi pembangunan yaitu mengoptimalkan fungsi LMDH untuk dapat berjejaring dengan pihak swasta agar mudah mengakses CSR. Strategi ini didapat dari kelebihan sudah ada LMDH sebagai lembaga pengelola tetap Curug Semirang dan peluang banyak pihak luar (CSR Perusahaan) yang mau mendanai pengembangan Curug Semirang. [IS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *