Sekolah Aksi Integritas (SAKSI)

Saksi (Sekolah Aksi Integritas) merupakan proyek unggulan dalam merealisasikan tujuannya. Sekolah ini bertujuan untuk memberikan pengembangan kapasitas dalam menjalankan prinsip-prinsip dan rantai-nilai Integritas oleh aktor-aktor kunci di lingkungan masyarakat sipil dan sektor bisnis, dan juga pemerintahan, serta partai politik, dengan menekankan pada pendekatan POD (Pendidikan-Orang-Dewasa).

Kurikulum yang dikembangkan menekankan pada pembentukan pengetahuan dan pemahaman dalam pembentukan lingkungan sosial, ekonomi, dan politik yang ber-Integritas.

Menegakan integritas berarti membebaskan lingkungan dari perbuatan penyalahgunaan kewenangan, ketidak-jujuran, dan mendorong kesamaan perbuatan dengan perkataan.

Diantara materi-materi yang dikembangkan adalah pengenalan peserta terhadap cara kerja pemerintahan di daerah, potensi korupsi dan mal-administrasi didalamnya, dan hubungan dinamika antar aktor yang berkepentingan terhadap sumber-daya yang dikelola oleh pemerintah.

Selain itu, juga akan dibangun prakarsa-prakarsa para peserta untuk menjalankan proyek-proyek sosial yang bersifat kerelawanan dalam mengkampanyekan nilai-nilai Integritas dalam kehidupan sehari-harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *