Memperkuat Musrenbang Melalui TOT Fasilitator Kelurahan dan Kecamatan

Pattiro Semarang menjadi fasilitator dalam pelatihan ToT Fasilitator Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan dalam rangka persiapan pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2019. Acara tersebut diselenggarakan BAPPEDA Kota Semarang  pada Sabtu dan Minggu (9-10/12) di Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang. Peserta kegiatan tersebut dari seluruh perwakilan LPMK dan Kecamatan di Kota Semarang.

Mengingat tujuan pelatihan supaya perwakilan LPMK dapat memfasilitasi musrenbang Kelurahan, sejumlah 193 Peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk efektivitas. Peserta diberkan materi mengenai kerangka musrenbang, kemudian disusul materi pelatihan fasilitator menggunakan pendekatan appreciative inquiry. Peserta dilatih untuk merunutkan antara definition, discovery, dream, design, destiny.

Untuk melihat kemampuan calon fasilitator Kelurahan, pelatihan hari kedua peserta diberi waktu untuk berdikusi untuk membuat usulan program. Usulan program difokuskan pada pembentukan kampung tematik dengan menggunakan pendekatan appreciative inquiry. Tujuan dilakukan teknik tersebut untuk memperkuat kampung tematik di semarang yang berbasis potensi warga dan bersifat bottom up.

Setelah berdiskusi dan merencanakan usulan kampung tematik, peserta mempresentasikan hasilnya. Salah satu usulan kampung tematik yaitu kampung ternak oleh kelompok Kecamatan Mijen. Pemilihan tema tersebut bersumber dari penemuan pada potensi lingkungan kekuatan warga, terutama Kelurahan Cangkiran yang memiliki banyak limbah pertanian, dan lahan pertanian. Merkea akan menggunakan potensi tersebut untuk membuat pakan ternak dengan sistem fermentasi, dan membangun pusat penetasan telur bebek. MS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *