Memperingati HAKI FH, UNNES dan PATTIRO Semarang Selenggarakan Bedah Buku Bersama Bambang Widjojanto

SEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi International (HAKI), PATTIRO Semarang bersama Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan acara Bedah Buku dan Diskusi. Buku berjudul Berantas Korupsi Reformasi Catatan Kritis BW didikusikan langsung dengan penulisnya, yaitu Bambang Widjayanto S.H M.H yang juga selaku Komisioner KPK periode 2009-2014, di aula GSG Dekanat Fakultas Hukum UNNES pada tanggal 21 Desember 2017.

Diskusi ini dimoderatori oleh Benny Suamardiana (Dosen Hukum UNNES) dan turut menghadirkan para pembahas buku yaitu, Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si (Dekan Fakultas Hukum Unnes), Dr. Indah Sri Utari, S.H.,M.Hum (Kepala Klinik Hukum & Pusat Kajian Anti Korupsi) dan Rofiudin M.Si (Komisioner KPID). Para peserta yang hadir mencapai 215 peserta, terdiri dari masyarakat umum serta mahasiswa UNNES itu sendiri.

Menyimpulkan dari beberapa ahli, Rodiyah menjelaskan definisi dari korupsi adalah tindakan yang bertujuan untuk keuntungan pribadi dan dapat merugikan pihak lain. Di era reformasi yang menjadikan korupsi semakin menjalar ini, Indah Sri Utari mengingatkan kepada generasi muda, khususnya mahasiswa agar nantinya setelah selesai dari perguruan tinggi, ke depan menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi.

“Peran media massa dalam pemberantasan korupsi sejauh ini berjalan sebagai instrumen pembongkar kasus-kasus korupsi. Biasanya juga menyampaikan data, fakta dan kepada masyarakat nantinya masyarakat dapat teredukasi mengenai pencegahan korupsi di dalam lingkungannya,” ujar Rofiudin.

Tujuan dari diskusi ini diharapkan mampu menciptakan generasi anti korupsi di kalangan civitas akademika, serta mewujudkan gerakan pencegahan korupsi di sera reformasi. Di akhir acara, Bambang Widjojanto menampilkan sebuah video dokumenter yang ia buat sendiri tentang gerakan korupsi dari mulai orde baru sampai ke pasca orde baru, yaitu era reformasi. “Video ini merupakan catatan perjalanan seorang BW dalam pemberantasan korupsi,” ungkapnya. IQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *