MERESPON KRITIK PATTIRO SEMARANG, PEMKOT SEMARANG BUAT PERATURAN LAYANAN INFORMASI DAN PENGELOLAAN...

MERESPON KRITIK PATTIRO SEMARANG, PEMKOT SEMARANG BUAT PERATURAN LAYANAN INFORMASI DAN PENGELOLAAN PENGADUAN

Posted on 31 Oktober 2017

52
SHARE

Foto diambil dari Radar Semarang

Semarang – Dinas Kominfo Kota Semarang mengadakan sosialisasi Peraturan Walikota (Perwal) No 34 tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Perwal 35 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Publik di gedung Balikota Semarang. Acara yang diselenggarakan pada Kamis (28/9), mendatangkan narasumber Direktur PATTIRO Semarang, Widi Nugroho dan Praktisi Keterbukaan Informasi, Bonaventura Sulistiana. Widi mengapresiasi Dinas Kominfo Kota Semarang dalam merespon kritik masyarakat. Data Kajian uji pengaduan terhadap layanan pengaduan di kota Semarang bulan Juni – Juli 2017, dari 21 pengaduan, diterima 14 pengaduan (71%), ditanggapi 10 pengaduan (47,6%) dan diselesaikanada 2 pengaduan (9,5%). Diharapkan pasca ada kepastian layanan melalui peraturan ini segera ada perbaikan layanan pengaduan juga informasi.

Asisten Adminitrasi Umum, Agustin Lusin D, menyampaikan ”sekarang itu tidak zamannya lagi informasi ditutup-tutupi. Justru kalau ada sesuatu yang ditutupi akan muncul kecurigaan adanya indikasi penyalahgunaan wewenang. Dua peraturan ini menjadi dasar penting dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas”. Ditambahkan Diah S, Kepala Bidang Kominfo Kota Semarang mengungkapkan, penyusunan peraturan ini merespon dari kritik masyarakat, salah satunya PATTIRO, tentang lemahnya peraturan terkait pengelolaan pengaduan dan layanan informasi. Seluruh OPD harus segera memahami dan berproses untuk berbenah, kami akan bantu apabila mengalami kendala. Hadir sebagai peserta pada pertemuan ini adalah sekertaris dinas (PPID Pembantu) dan admin pengelola pengaduan seluruh OPD (Nugie)

link :

http://semarangkota.go.id/berita/read/7/berita-kota/1899/tidak-ada-istilah-slow-respon-untuk-aduan-dan-layanan-informasi-publik

http://radarsemarang.com/2017/09/29/tak-ada-istilah-slow-respon-untuk-tanggapi-aduan/

https://metrosemarang.com/56414-56414

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY