SAMBUT PROJECT SOCIAL II, RELAWAN INTEGRITAS DI TRAINING

SAMBUT PROJECT SOCIAL II, RELAWAN INTEGRITAS DI TRAINING

317
SHARE

Semarang – Untuk memperdalam bekal kemampuan Relawan Sekolah Integritas (Selaras) pada Sabtu – Minggu, 11 – 12 Februari 2017 bertempat di Dinas Pendidikan PATTIRO Semarang menyelenggarakan Training Lanjutan. Pada training tahap I relawan mendapatkan materi dari narasumber baik dari praktisi maupun akademisi dan langsung mempraktekkan materi tersebut di masyarakat. Dalam kurun waktu tiga bulan (Desember 2016 – Februari 2017) relawan mendapat tugas melakukan analisa sosial persoalan wilayah yang menjadi dampingan PATTIRO Semarang yaitu Kel.Candi (Candisari), Kel.Pongangan (Gunungpati) dan Kel. Kemijen (Semarang Timur) kota Semarang.

Training Lanjutan ini bertujuan memperdalam kemampuan relawan dalam menganalisa persoalan dalam mendampingi warga. Di kegiatan ini relawan melakukan refleksi terhadap tugas yang sudah dilakukan mulai dari capaian, peluang dan hambatan selama 3 bulan berinteraksi di masyarakat. Relawan mendapatkan banyak data, informasi dari tokoh yang selama ini berinteraksi. “ Saya merasakan ada gap ketika masuk ke masyarakat, bahasa kita tidak bisa bisa dipahami mereka, kita terlalu elit, ini menjadi masalah pada saat kita melakukan Ansos di Kelurahan Kemijen” kata Limmar Alvi, salah satu peserta training. Selain refleksi relawan dibekali metodologi riset Parcipatory Action Reseach (PAR), analisa dan advokasi kebijakan, dan menyusun rancangan program project sosial II.

Acara yang difalilitasi oleh Yulius Hendra (PATTIRO Jakarta) dan Hendrik Rosdinar, direktur PATTIRO Semarang 2007 -2011 yang sekarang di Yappika Action-aid ini disambut antusias oleh peserta. “ Teman-temen relawan ini menjadi keluarga baru bagiku, mereka telah memberikan banyak ilmu,” tegas Lia, relawan yang menempuh studi di Akuntasi UNDIP. “ Untuk menambah bekal relawan dalam terjun di masyarakat, setiap periodik kita akan berikan mereka tentang materi melalui diskusi misal tentang kebijakan penanggulangan kemiskinan, keterbukaan informasi, perencanaan penganggaran dan lainnya. Para praktisi akan kita libatkan dalam membagi pengetahuan mereka ke temen – temen relawan”, ungkap Widi Nugroho Direktur PATTIRO Semarang (DR)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY