PERBAIKAN LAYANAN INFORMASI KAB WONOGIRI MELALUI UJI KONSEKUENSI

PERBAIKAN LAYANAN INFORMASI KAB WONOGIRI MELALUI UJI KONSEKUENSI

514
SHARE

14 September 2016
Wonogiri, PATTIRO – Dalam rangka melaksanakan mandat UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) sebagai PPID utama di Kab. Wonogiri menyelenggarakan kegiatan “Pelaksanaan Uji Konsekuensi Informasi Yang Dikecualikan Pemkab Wonogiri”. Disampaikan Ismiyanto (Kepala Dishubkominfo), kegiatan ini ada 3 tujuan utama : mengumpulkan, menyusun data dan informasi yang dimiliki SKPD dalam bentuk Daftar Informasi Publik (DIP); Kedua, melakukan uji konsekuensi daftar informasi yang diperuntukan untuk publik dan yang hanya untuk badan publik (Informasi yang dikecualikan); Ketiga, koordinasi PPID Utama dan PPID pembantu di Kab Wonogiri.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sekretariat Daerah Kab Wonogiri, Selasa, 06 September 2016 ini menghadirkan narasumber : Dessy Eko Prayitno (Freedon of Information Network Indonesia), Jakarta dan Widi Nugroho (Direktur PATTIRO Semarang). Peserta yang terdiri Kepala/ Sekertaris Dinas/ Badan/ Kantor/ Kecamatan terlihat antusias mengikuti kegiatan. “Keterbukaan informasi merupakan pengetahuan baru, kami ingin belajar,” Jelas Haryono, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD).

Dalam presentasinya, Nugroho menyampaikan kajian PATTIRO Semarang terhadap implementasi keterbukaan informasi di Kab Wonogiri saat ini masih banyak kelemahan yang perlu diperbaiki. “Setidaknya ada 3 faktor penyebab tidak optimalnya pelayanan informasi di Kab Wonogiri : kurangnya komitmen kepala daerah, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tidak memahami regulasi, sistem layanan informasi belum optimal karena belum ada DIP” Tegasnya. Disesi selanjutnya Eko menyampaikan presentasi prosedur penyusunan DIP dan uji konsekuensi dokumen yang dikecualikan. SKPD langsung mempraktekan uji konsekuensi DIP yang mereka punyai seperti Dishukominfo, DPPKAD, dan Kecamatan. Dishubkominfo berharap setelah tersusun DIP ini ada perbaikan pelayanan informasi terutama masyarakat Wonogiri.*

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY