Penting, Peran Perempuan dalam Cegah Korupsi

Penting, Peran Perempuan dalam Cegah Korupsi

392
SHARE
saatnya perempuan berperan dalampemberantasan anti korupsi

SOLO, suaramerdeka.com – Pencegahan korupsi dinilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa menegasikan peran perempuan. Sebab perempuan merupakan kelompok yang paling dirugikan dalam praktek korupsi.

“Berdasarkan survei yang kami lakukan, perempuan adalah kelompok yang paling terdampak atas sebuah praktek korupsi. Makanya, perempuan punya peran penting dalam menyampaikan pesan antikorupsi melalui keluarga,” ungkap juru bicara KPK, Yuyuk Andriati, di Balai Kota Surakarta, Senin (19/9).

Penanaman nilai antikorupsi oleh kaum perempuan tersebut, lanjut Yuyuk, bahkan bisa efektif seandainya dilakukan ibu kepada anggota keluarga mereka. “Jika diajarkan kepada anak-anak, tentu bisa membuka pemahaman generasi penerus tentang perilaku-perilaku korup. Mengenalkan suap, gratifikasi dan korupsi sejak dini, juga penting untuk dilakukan oleh masyarakat.”

Yuyuk menerangkan, lembaga antirasuah tersebut bahkan sudah mendesain alat bantu simulasi agar nilai-nilai antikorupsi lebih dikenal masyarakat tanpa metode yang monoton. Salah satunya adalah permainan yang diberi nama “Sembilan Nilai Permainan Anak Antikorupsi” (Semai), yang hari ini dibagikan kepada 283 SD/MI di Solo.

Di sisi lsource/; ain, Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengapresiasi pelibatan perempuan dalam pencegahan korupsi di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Paul saat bertemu dengan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, sebelum seminar.

“Sama seperti Indonesia, Australia juga masih bergelut dengan persoalan korupsi. Korupsi akan mempengaruhi kehidupan masyarakat, dan perempuan akan terkena dampak yang paling parah. Kami percaya, program antikorupsi ini bisa berhasil jika dilakukan secara masif di tingkat lokal,” terang dia.

(Agustinus Ariawan/CN39/SM Network)

source: http://berita.suaramerdeka.com/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY