Koalisi Kawal RPJMD Kota Semarang 2016 – 2021

Koalisi Kawal RPJMD Kota Semarang 2016 – 2021

711
SHARE


SEMARANG
– Jumat 13 mei 2016, Bertempat di Jalan Durian IV no.21 Lamper Kidul (Kantor Sekertariat PATTIRO SEMARANG) beberapa jaringan NGO (Non Government Organisation) berkumpul membahas tentang pengawalan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Semarang tahun 2016- 2021. Organisasi yang berpartisipasi antara lain LBH Kota semarang, LRC.KJHAM, LBH Apik Semarang, Hysteria, SETARA, KOMPAK’s, PATTIRO Semarang , dan Komunitas masyarakat. 

Dari masing-masing peserta menyampaikan beberapa problem dan isu yang perlu dikawal kedepan. Ika dari Setara memaparkan “Selama ini pada pendidikan dan pelayanan anak hanya mengacu pada indikator anak tidak mengalami kekerasan, namun apakah sudah ada fasilitas yang menunjang bermain anak ataupun ketersediaan sarana secara gratis belum ada” .
Dari konsentrasi isu-isu dalam masyarakat harapannya dapat menjadi rujukan recomendasi bersama Rancangan Pembangunan Menengah Daerah

Widi Nugroho menyampaikan bahwa ” Penyusunan RPJMD karena melibatkan banyak sector maka harus dilakukan dengan seluruh element masyarakat. Ada target kinerja yang kurang spesifik… kurang jelas…kurang tepat. misalnya prosentase indikator kinerja pemanfaatan ruang publik target kinerjanya 0-5 tahun , dalam gambaran umum tidak ada data sebagai baseline.” tadasnya . Konsen pengawalan isu yang dilaksanakan dalam RPJMD antara lain : Pembangunan (Pengadaan Barang dan Jasa, Infrastruktur, pengawasan masyarakat,tata ruang), Pelayanan Publik ( KIP, PTSP, seni dan budaya, smart city), Ekonomi( PKL) , perlindungan anak dan perempuan), sekolah ramah anak (pendidikan),Akuntabilitas anggaran sekolah, pertanahan, perikanan dan kelautan, dan kesehatan

Ada target kinerja yang kurang spesifik… kurang jelas…kurang tepat

 

Kedepan koalisi ini merencanakan untuk merumuskan rekomendasi hasil kajian masing-masing sektor dan menyampaikan kepada Pemkot Semarang dan DPRD. diharapkan pemerintah bisa membuka partisipasi untuk perbaikan draft RPJMD.

AKW

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY