Silakan Ibu Hamil Sampaikan Keluhan ke 08112927799

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN – Tingginya angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Semarang, mengundang keprihatinan Pattiro Semarang untuk turut serta membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang mendeteksi lebih dini persoalan tersebut.

Pada Selasa (6/10/2015) ini, Pattiro Semarang dan Pemkab Semarang meluncurkan program pesan singkat elektronik kesehatan atau diberi nama SMS MatraSTAT yang tujuannya untuk meningkatkan program layanan kesehatan khususnya kepada ibu hamil di Kabupaten Semarang.

“Silakan kepada para ibu hamil untuk dapat mengadu atau mengeluh terkait kesehatan ke 08112927799. Formatnya keluhan.petugas.isi pesan.lokasi puskesmas atau rumah sakit, lalu dikirim ke nomor itu,” kata koordinator Program, Pattiro Semarang Galih Pramilu Bakti kepada Tribun Jateng, Selasa (6/10/2015).

Menurutnya, nomor atau program layanan pesan singkat itu juga dapat dimanfaatkan para petugas kesehatan serta bidan di tiap desa, kelurahan, hingga kecamatan untuk memantau perkembangan ibu hamil. Termasuk pula memudahkan mereka saat hendak melakukan rujukan.

“Program itu memiliki empat menu yakni data, gawat, info, dan keluhan. Perangkat tersebut juga telah terkoneksi ke enam puskesmas dan dua rumah sakit umum daerah (RSUD) di Kabupaten Semarang. Hibah perangkat teknologi itu kami serahkan secara simbolis kepada Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Dia berharap, melalui SMS MatraSTAT tersebut, siapapun dapat mengirim pesan singkat yang kemudian dapat direspon secara kontinue oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang untuk segera mengambil tindakan dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat setempat.

“Harapan lain, dari tersedianya data hingga informasi yang masuk ke nomor itu, si pengambil kebijakan juga bisa segera merumuskan langkah secara cepat dan tepat sehingga derajat kesehatan masyarakat bisa semakin meningkat. Tidak terkecuali diharapkan bisa menekan angka kematian ibu dan anak,” ujar Galih.

Sebagai informasi tambahan, data kematian ibu di Kabupaten Semarang kini sudah mencapai 147 per 100.000 kelahiran. Normal atau angka wajar yakni 120 per 100.000 kelahiran. Sedangkan untuk kematian anak saat dilahirkan di angka 102 per 100.000 kelahiran. (*)

 

sumber : http://jateng.tribunnews.com/2015/10/06/silakan-ibu-hamil-sampaikan-keluhan-ke-08112927799

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *